Pernanan AI dalam kehidupan sehari-hari di masa depan
Ilmu komputer
Dapatkan berita terbaru
Berdasarkan laporan Dentsu Insights, konsumsi online di Indonesia meningkat 70% dalam waktu 60 hari setelah pandemi. Sementara 85% konsumen juga melaporkan perubahan dalam kehidupan sehari-harinya, bersamaan dengan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) hingga pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).
Lonjakan eksponensial ekonomi digital di Indonesia mendorong urgensi untuk melindungi privasi data secara legal. Saat ini pemerintah sedang menyelesaikan Rancangan Undang-undang Perlindungan Data Pribadi (PDP). Pada dasarnya ada tiga penyebeb utama perubahan perilaku sosial dan konsumsi masyarakat diantaranya yaitu :
Selama dua tahun pandemi berjalan menyebabkan banyak perilaku sosial pada masyarakat mulai dari cara berinteraksi, cara pandang untuk berinteraksi dan sebagainya.
Dalam dua tahun berjalanya pandemi gaya hidup juga berubah, banyak hal yang tadinya tidak biasa dan menjadi biasa. Kebiasaan itu menjadi sebuah keharuasan yang dijalankan sampai sekarang.
Pola beli masyarakat berubah semenjak pandemi menyerang, dan pola beli dan konsumsi itu terbawa hingga sekarang. Sampai akhirnya kebiasaan ini terbawa sebagai budaya baru sekrang, dengan berkembangnya marketplace digital yang luar biasa besar.
Selain 3hal di atas perubahan menyinggung pekerjaan baru yang dianggap mejanjikan seperti menjadi seleb tiktok, content creator dan berbagai pekerjaan yang berhubungan dengan dunia digital. Bahkan pekerjaan kantoran yang sebelumnya mengharuskan kiat untuk selalau siap berada di kantor sekarang dapat kita lakukan sendiri dirumah.
© 2022
2 Komen
James Benjamin
17 jun 2022 at 10:43 am
Memang benar si, sebagian besar pola hidup sekarang dipengaruhi karena habbit selama masa pandemi yang terbawa sampai sekarng.
Elizabeth Sofia
19 Jan 2022 at 10:43 am
Bener baget si, aku kira cuma aku yang ngerasa kalau ada perubahan perilaku sosial setelah pandemi dikatakan berakhir dan jadi hal umum belakangan ini